Buka 09.00 - 17.00 WIB | Minggu Libur
08211 3956 899
08211 3956 899

info@pabriksprayer.com
Menu

Metode Penyemprotan Pohon

Sunday, December 13th 2015.

Tasco TF-900Pernah menyemprot tanaman buah-buah seperti mangga, jeruk, durian, atau tanaman yang lain yang berupa pohon?

Tahukah bahwa teknik penyemprotan pada pohon berbeda dengan penyemprotan pada tanaman yang memiliki tinggi tidak melebihi tinggi penyemprot?

Metode penyemprotan untuk pohon memiliki teknik yang spesfik karena memiliki tinggi dan lingkar tajuk yang besar. Karena tinggi dan lebar tajuknya maka distribusi semprotan harus merata diseluruh bagian pohon.

Hal yang terpenting dalam penyemprotan pohon adalah kalibrasi alat semprot yang digunakan agar mendapat dosis atau konsentrasi penggunaan pestisida (insektisida atau fungisida) secara tepat.

Penyemprotan pohon dapat menggunakan power sprayer gendong atau power sprayer yang statis. Penyemprotan dengan power sprayer dilakukan secara pohon per pohon. Karena itu kalibrasinya juga dilakukan pohon per pohon.

Menurut Panut (2000), kalibrasi penyemprotan pohon dapat dilakukan tes penyemprotan dengan menggunakan air untuk mengetahui berapa volume penyemprotan yang diperlukan untuk menyemprot satu pohon. Jika sudah diketahui volume semprot per pohon, tinggal mengalikan jumlah pohon yang akan disemprot per hektar.

Misalnya, satu pohon diperlukan 2 liter larutan semprot, maka untuk menyemprot satu hektar yang terdiri dari 600 pohon diperlukan 600 x 2 liter = 200 liter per hektar. Jika menggunakan sprayer punggung dengan kapasitas 20 liter, seperti power sprayer Tasco TF-820, maka satu tangki dapat digunakan untuk menyemprot 10 pohon. Konsentrasi dan dosis mengikuti rekomendasi pestisida yang bersangkutan.

Metode penyemprotan yang dikutip dari Panut (2000), untuk mendapatkan distribusi semprotan yang merata, penyemprotan pohon dengan power sprayer Tasco TF-820 atau Tasco TF-900, dilakukan dengan arah penyemprotan dari atas (puncak pohon) ke bawah, diikuti dengan gerakan melingkari pohon tersebut. Pola penyemprotan seperti pada gambar dibawah.

Penyemprotan PohonPraktek penyemprotan yang sempat didokumentasikan oleh penulis pada saat pengamatan penyemprotan pada pohon mangga dengan menggunakan power sprayer TF-900, bagian dari lance-nya disambung dengan galah untuk mencapai bidang semprot bagian atas pohon.

Pabriksprayer.com menyediakan power sprayer Tasco TF-900 dan juga TF-820, silahkan klik disini.

Pustaka: Panut, D. 2000. Teknik Aplikasi Pestisida Pertanian. Penerbit Kanisius. Jakarta.


Rp 350.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

Rekening Bank

No rek. diinfokan bersamaan tagihan
No rek. diinfokan bersamaan tagihan
No rek. diinfokan bersamaan tagihan
No rek. diinfokan bersamaan tagihan

Find out here!

Pabriksprayer.com Jl. Trikora IV No 48, 08/09, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta, Indonesia - 13760

Temukan Kami di